Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan
siswa kelas 2, yang ditandai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam
belajar membaca, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media Big
Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SD
Muhammadiyah 19 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah 31 siswa kelas 2. Data dikumpulkan melalui lembar
observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes kemampuan membaca permulaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Big Book dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada siklus I, hanya
32,2% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus II,
persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 93,5%. Hal ini menunjukkan
bahwa penggunaan media Big Book efektif dalam meningkatkan kemampuan
membaca siswa.