Research Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDS MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author MARPAUNG, TUAH NOVERA MIKA
dc.date.accessioned 2025-05-14T07:26:18Z
dc.date.available 2025-05-14T07:26:18Z
dc.date.issued 2025-03-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27164
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDS Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDS Muhammadiyah 12 Medan dan sampel penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal dengan 12 butir pilihan beganda. Teknik analisis penelitiam ini menggunakan uji-t (Independent Sample t-Test) untuk menguji hipotesis. Hasil hipotesis yang diperoleh ialah 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Yang artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Pop Up Book terhadapt kemampuan membaca siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDS Muhammadiyah 12 Medan en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Kemampuan membaca en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDS MUHAMMADIYAH 12 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account