Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up
book terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDS
Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan
metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDS Muhammadiyah 12 Medan dan sampel
penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal dengan 12
butir pilihan beganda. Teknik analisis penelitiam ini menggunakan uji-t
(Independent Sample t-Test) untuk menguji hipotesis. Hasil hipotesis yang
diperoleh ialah 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan
H0 ditolak. Yang artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media
Pop Up Book terhadapt kemampuan membaca siswa pada pembelajaran IPS kelas
IV SDS Muhammadiyah 12 Medan