Research Repository

STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) DALAM PENYALURAN BANTUAN SOSIAL KEPADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SYHAQIRA, FAIZHA
dc.date.accessioned 2025-05-14T06:55:43Z
dc.date.available 2025-05-14T06:55:43Z
dc.date.issued 2025-05-07
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27163
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dari peran perusahaan dalam menjalankan program peduli lingkungan terhadap masyarakat yaitu tanggung jawab sosial dengan sebutan CSR (Corporate Social Responsibility). Saat ini perusahaan terbukti selalu mendapatkan kategori baik dalam hal menjalankan program TJSL BUMN. Program yang sudah berjalan 30 tahun lamanya ini sudah banyak membantu para masyarakat yang kurang mampu dalam menjalankan usaha yang mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh tim CSR PT.Perkebunan Nusantara III dalam penyaluran bantuan kepada usaha mikro,kecil, dan menengah di Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan berdasarkan kategorisasi penelitian. Teori yang dipakai dalam penelitian ini mencakup teori strategi komunikasi CSR, pendekatan komunikasi, elemen-elemen komunikasi CSR. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari 4 orang yakni 2 staff CSR PTPN III, dan 2 orang masyarakat penerima bantuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi yang digunakan oleh CSR PTPN III adalah dengan pemilihan media yang tepat serta bekerjasama dengan lembaga yang sudah ahli dan dipercayakan di bidangnya sesuai dengan program yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh CSR PT.Perkebunan Nusantara III adalah dengan bekerjasama dengan lembaga yang sudah ahli dan dipercaya. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject ,CSR en_US
dc.subject Bantuan Sosial en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) DALAM PENYALURAN BANTUAN SOSIAL KEPADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account