Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari peran perusahaan dalam menjalankan program
peduli lingkungan terhadap masyarakat yaitu tanggung jawab sosial dengan
sebutan CSR (Corporate Social Responsibility). Saat ini perusahaan terbukti
selalu mendapatkan kategori baik dalam hal menjalankan program TJSL BUMN.
Program yang sudah berjalan 30 tahun lamanya ini sudah banyak membantu para
masyarakat yang kurang mampu dalam menjalankan usaha yang mereka. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang
digunakan oleh tim CSR PT.Perkebunan Nusantara III dalam penyaluran bantuan
kepada usaha mikro,kecil, dan menengah di Kota Medan. Jenis penelitian yang
digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif. Penulis mengumpulkan data
dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dokumentasi yang
selanjutnya dianalisis dengan berdasarkan kategorisasi penelitian. Teori yang
dipakai dalam penelitian ini mencakup teori strategi komunikasi CSR, pendekatan
komunikasi, elemen-elemen komunikasi CSR. Narasumber pada penelitian ini
terdiri dari 4 orang yakni 2 staff CSR PTPN III, dan 2 orang masyarakat penerima
bantuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi yang
digunakan oleh CSR PTPN III adalah dengan pemilihan media yang tepat serta
bekerjasama dengan lembaga yang sudah ahli dan dipercayakan di bidangnya
sesuai dengan program yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh CSR PT.Perkebunan Nusantara
III adalah dengan bekerjasama dengan lembaga yang sudah ahli dan dipercaya.