Research Repository

PENGARUH LKPD BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR SISWA SD DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG KUALA LUMPUR MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author HASIBUAN, NOFRI PASONA
dc.date.accessioned 2025-05-14T02:58:18Z
dc.date.available 2025-05-14T02:58:18Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27153
dc.description.abstract Rendahnya kemampuan siswa dalam literasi dasar, terutama mereka yang baru mulai membaca, menjadi dasar penelitian ini. Dasar untuk memperoleh pengetahuan lainnya adalah literasi dasar. Membaca, menulis, dan pemahaman informasi adalah contoh keterampilan literasi dasar yang merupakan pondasi awal yang sangat penting untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang berbasis pada strategi Teaching at the Right Level (TaRL) dapat memengaruhi kemampuan membaca awal siswa sekolah dasar (SD) di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan mengadaptasi materi ajar ke tingkat keterampilan siswa, teknik TaRL berupaya meningkatkan pemahaman membaca awal. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari sepuluh siswa kelas dua dari Sanggar Bimbingan Kepong di Kuala Lumpur, Malaysia. Pendekatan analisis data kemudian menggunakan uji hipotesis (paired sample t test) dan uji validitas (expert judgement). Uji hipotesis digunakan untuk mengumpulkan data dan memberikan taktik yang berguna. Diketahui bahwa hasil uji statistik memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Penolakan dan penerimaan menjadi bukti untuk ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi membaca awal anak-anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur, Malaysia dipengaruhi secara signifikan oleh LKPD, yang berbasis TaRL. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Literasi dasar Membaca permulaan en_US
dc.subject Pendekatan Teaching at the Right Level en_US
dc.title PENGARUH LKPD BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR SISWA SD DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG KUALA LUMPUR MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account