Abstract:
Rendahnya kemampuan siswa dalam literasi dasar, terutama mereka yang baru
mulai membaca, menjadi dasar penelitian ini. Dasar untuk memperoleh
pengetahuan lainnya adalah literasi dasar. Membaca, menulis, dan pemahaman
informasi adalah contoh keterampilan literasi dasar yang merupakan pondasi awal
yang sangat penting untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang berbasis
pada strategi Teaching at the Right Level (TaRL) dapat memengaruhi kemampuan
membaca awal siswa sekolah dasar (SD) di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala
Lumpur, Malaysia. Dengan mengadaptasi materi ajar ke tingkat keterampilan siswa,
teknik TaRL berupaya meningkatkan pemahaman membaca awal. Penelitian ini
menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dengan desain pre-test dan
post-test. Sampel penelitian terdiri dari sepuluh siswa kelas dua dari Sanggar
Bimbingan Kepong di Kuala Lumpur, Malaysia. Pendekatan analisis data kemudian
menggunakan uji hipotesis (paired sample t test) dan uji validitas (expert
judgement). Uji hipotesis digunakan untuk mengumpulkan data dan memberikan
taktik yang berguna. Diketahui bahwa hasil uji statistik memiliki nilai sig (2-tailed)
sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Penolakan dan penerimaan menjadi
bukti untuk ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi
membaca awal anak-anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur, Malaysia
dipengaruhi secara signifikan oleh LKPD, yang berbasis TaRL.