Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan,
fasilitas, dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Tomoro Coffee. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data
dikumpulkan melalui kuesioner (Google Form) yang dibagikan kepada konsumen
Tomoro Coffee dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji
normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier
berganda, uji t, uji F, serta uji koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang berarti semakin baik
layanan yang diberikan, semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan. Kemudian
variabel fasilitas dan promosi juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen, yang mengindikasikan bahwa kedua aspek tersebut merupakan faktor
utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan di Tomoro Coffee.
Hal tersebut diperkuat dengan adanya beberapa uji yang dilakukan,
diantaranya adalah uji regresi linear berganda dengan perolehan nilai persamaana
regresi sebesar 2,049. Kemudian di dukung dengan hasil uji-f dengan perolehan
nilai Sig. Untuk pengaruh (simultan) X1, X2, X3, terhadap Y adalah sebesar
0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 81,947 > F tabel 0,212. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa H4 diterima yakni terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1),
fasilitas (X2), dan promosi (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y)