Abstract:
Tujuan dari kajian itu agar mengkaji mengevaluasi dampak aplikasi media diorama untuk mengembangkan
kemampuan siswa untuk berpikir kreatif di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia,
khususnya dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan yang diterapkan adalah kuantitatif
menggunakan desain studi pre-eksperimen yang melibatkan, menerapkan pendekatan menggunakan
metodologi desain eksperimen dengan satu kelompok yang menjalani tes awal dan tes akhir yang
melibatkan subjek dalam kelompok kelas IV yang melibatkan 15 siswa serta dijadikan sebagai sampel yang
diteliti. Instrumen tes dilaksanakan dalam dua fase, yang dimaksud adalah tes awal yang diadakan sebelum
pemberian intervensi serta setelah pelaksanaan post-test setelahnya. Data dianalisis melalui uji validitas,
pengujian reliabilitas, serta analisis hipotesis diterapkan uji t sampel berpasangan. Penemuan dalam
penelitian mengindikasikan terdapat dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif
di kalangan murid setelah diberikan perlakuan, perubahan ini tercermin dari nilai rata-rata yang didapatkan
evaluasi dari tes awal (pre-test) tercatat dengan nilai 70,5 dan meningkat menjadi 89,6 setelah Post-test.
Dalam analisis hipotesis melalui Paired Sample t-Test P-value dengan nilai 0,000, yang di bawah level
signifikansi 0,05, berimplikasi pada penerimaan hipotesis alternatif (Ha). Berdasarkan temuan di sisi lain,
hipotesis nol (h0) ditolak. kesimpulannya penggunaan media diorama secara signifikan berkontribusi
dalam usaha untuk memperkuat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan
Muhammadiyah Kepong Malaysia.