Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27118
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFadilah, Ziana Zahra-
dc.date.accessioned2025-05-09T11:10:53Z-
dc.date.available2025-05-09T11:10:53Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27118-
dc.description.abstractTujuan dari kajian itu agar mengkaji mengevaluasi dampak aplikasi media diorama untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia, khususnya dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan yang diterapkan adalah kuantitatif menggunakan desain studi pre-eksperimen yang melibatkan, menerapkan pendekatan menggunakan metodologi desain eksperimen dengan satu kelompok yang menjalani tes awal dan tes akhir yang melibatkan subjek dalam kelompok kelas IV yang melibatkan 15 siswa serta dijadikan sebagai sampel yang diteliti. Instrumen tes dilaksanakan dalam dua fase, yang dimaksud adalah tes awal yang diadakan sebelum pemberian intervensi serta setelah pelaksanaan post-test setelahnya. Data dianalisis melalui uji validitas, pengujian reliabilitas, serta analisis hipotesis diterapkan uji t sampel berpasangan. Penemuan dalam penelitian mengindikasikan terdapat dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif di kalangan murid setelah diberikan perlakuan, perubahan ini tercermin dari nilai rata-rata yang didapatkan evaluasi dari tes awal (pre-test) tercatat dengan nilai 70,5 dan meningkat menjadi 89,6 setelah Post-test. Dalam analisis hipotesis melalui Paired Sample t-Test P-value dengan nilai 0,000, yang di bawah level signifikansi 0,05, berimplikasi pada penerimaan hipotesis alternatif (Ha). Berdasarkan temuan di sisi lain, hipotesis nol (h0) ditolak. kesimpulannya penggunaan media diorama secara signifikan berkontribusi dalam usaha untuk memperkuat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectmedia dioramaen_US
dc.subjectkemampuan berpikir kreatifen_US
dc.subjectprofil pelajar pancasilaen_US
dc.titlePengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysiaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ZIANAZAHRAFADILAH_2102090103.pdfFull text4.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.