Research Repository

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DENGAN PENDEKATAN TEORI INTERAKSI SIMBOLIK DI SDAIT ANNAAS MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author MUBARAK, MUHAMMAD NAUFAL
dc.date.accessioned 2025-05-09T03:17:36Z
dc.date.available 2025-05-09T03:17:36Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27098
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi dari peran komunikasi interpersonal guru dalam membina anak berkebutuhan khusus agar mereka memiliki tujuan dan masa depan yang lebih baik, peran pengasuh menjadi sosok orang tua bagi mereka dan juga orang terdekatnya, yang mengajarkan dan mengarahkan bagaimana cara membentuk kepribadian yang dilakukan dengan pendekatan teori interaksionisme simbolik berdasarkan keefektifan komunikasi interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang komunikasi interpersonal guru terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan pendekatan teori interaksionisme simbolik di sekolah inklusi SDAIT Annaas Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 wakil kepala sekolah dan 2 tenaga pengajar. Teknik analisis data dalam kajian ini melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam komunikasi interpersonal guru terhadap ABK di sekolah inklusi SDAIT Annaas Kota Medan ditunjukkan dalam tercapainya pemahaman diantara guru dan ABK yang terjadi karena adanya proses interaksi secara terus menerus dengan menggunakan simbol-simbol sesuai dengan interaksionisme simbolik. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject Interaksi Simbolik en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.title KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DENGAN PENDEKATAN TEORI INTERAKSI SIMBOLIK DI SDAIT ANNAAS MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account