Research Repository

PENGARUH MEDIA FLIPBOOK GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author RAHMA, FANISHA ALYA
dc.date.accessioned 2025-05-09T03:10:12Z
dc.date.available 2025-05-09T03:10:12Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27097
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media flipbook gambar berseri terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah one group pre-test post-test dengan sampel 10 siswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha 0.824. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post test berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test (70.70) dan post-test (81.90) dengan sig 0.000 (<0.05). Ini membuktikan bahwa penggunaan flipbook gambar berseri berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject flipbook en_US
dc.subject gambar berseri en_US
dc.subject keterampilan membaca en_US
dc.title PENGARUH MEDIA FLIPBOOK GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account