Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27097
Title: | PENGARUH MEDIA FLIPBOOK GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA |
Authors: | RAHMA, FANISHA ALYA |
Keywords: | flipbook;gambar berseri;keterampilan membaca |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media flipbook gambar berseri terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah one group pre-test post-test dengan sampel 10 siswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha 0.824. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post test berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test (70.70) dan post-test (81.90) dengan sig 0.000 (<0.05). Ini membuktikan bahwa penggunaan flipbook gambar berseri berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27097 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Artikel Fanisha Alya Rahma (Lux).pdf | Full Text | 14.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.