Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman
siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Salah satu faktor yang
memengaruhi adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media flipbook gambar berseri
terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode yang
digunakan adalah one group pre-test post-test dengan sampel 10 siswa. Data
dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel dengan nilai
Cronbach’s Alpha 0.824. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post test berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test
menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test (70.70) dan post-test (81.90)
dengan sig 0.000 (<0.05). Ini membuktikan bahwa penggunaan flipbook gambar
berseri berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.