Abstract:
Dalam
penelitian memakai metode kuantitatif dengan desain pretest-
posttest pada satu kelas. Metode pemilihan Sampel dalam dipilih
dengan menerapkan teknik purposive sampling. Untuk
menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis statistik
yang mencakup uji normalitas, homogenitas, serta pengujian
hipotesis. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu
0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan
Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa media corng berhitung
memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan
kemampuan berhitung siswa, terutama dalam materi perkalian. Temuan
penelitian ini mengkonfirmasi bahwa penggunaan media corong
berhitung berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa di kelas III
Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia, sehingga
menunjukkan bahwa penggunaan media ini sangat efektif dalam
mempertinggi kemampuan berhitung siswa.