Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 101804

Show simple item record

dc.contributor.author Simatupang, Della Arsita
dc.date.accessioned 2025-05-08T08:36:47Z
dc.date.available 2025-05-08T08:36:47Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27089
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III di SD Negeri 101804. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas III . Dan sampel yang digunakan yaitu 2 kelas yang berjumlah 40 Siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan lembar tes soal yang berjumlah 8 soal. Untuk memperoleh data penelitian ini, peneliti akan menggunakan instrument penelitian yaitu menggunakan Teknik pemilihan sampel yang telah di lakukan maka pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik sampel jenuh (sampling jenuh). Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Dalam kelas kontrol peneliti menggunakan proses pembelajaran dengan metode konvensional sedangkan di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. hasil analisis uji hipotesis terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan melakukan uji Independent Samples Test didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,003 sehingga nilai sig. < 0,05 dan nilai T hitung 5,764 > Ttabel 2,024. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample Test, dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika memberikan hasil kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari pada pembelajaran dengan menggunakan Model Konvensional di kelas III SD Negeri 101804. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 101804 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account