Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata
pelajaran Matematika siswa kelas III di SD Negeri 101804. Populasi dalam
penelitian ini ialah seluruh siswa kelas III . Dan sampel yang digunakan yaitu 2
kelas yang berjumlah 40 Siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan lembar tes soal yang berjumlah
8 soal. Untuk memperoleh data penelitian ini, peneliti akan menggunakan
instrument penelitian yaitu menggunakan Teknik pemilihan sampel yang telah di
lakukan maka pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik
sampel jenuh (sampling jenuh). Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 2 kelas
sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Dalam kelas kontrol peneliti
menggunakan proses pembelajaran dengan metode konvensional sedangkan di
kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
hasil analisis uji hipotesis terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik
dengan melakukan uji Independent Samples Test didapatkan nilai sig.(2-tailed)
0,003 sehingga nilai sig. < 0,05 dan nilai T hitung 5,764 > Ttabel 2,024. Maka sesuai
dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample Test, dapat
disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya penerapan model Problem
Based Learning dalam pembelajaran matematika memberikan hasil kemampuan
pemecahan masalah yang lebih baik dari pada pembelajaran dengan menggunakan
Model Konvensional di kelas III SD Negeri 101804.