Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINEPADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS V DI SD SWASTA BAKTI I

Show simple item record

dc.contributor.author ARVINA, VIVIN
dc.date.accessioned 2025-05-08T03:21:35Z
dc.date.available 2025-05-08T03:21:35Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27076
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Stroyline Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas V SD Swasta Bakti I untuk mengetahui kelayakkan media pembelajaran menggunakan Articulate Stroyline, untuk siswa kelas V pada materi Sistem Pencernaan. Model yang digunakan adalah model Pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development). Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Swasta Bakti I dengan menggunakan skala kecil sebanyak 15 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket media pembelajaran yang terdiri dari angket ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Angket Respon Guru dan Respon Siswa. Media pembelajaran IPAS menggunakan Articulate Storyline Sistem Pencernaan yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak untuk Siswa SD Kelas V, kelayakan terlihat dari hasi penelitian validator, dimana hasil penelitian media oleh ahli media diperoleh 92.5% dengan kategori “Sangat Valid”. Ahli Materi diperoleh 89.3% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa diperoleh 96% dengan kategori Sangat Valid. Sedangkan Respon Guru diperoleh 92% dengan kategori sangat praktis dan respon siswa diperoleh 88.2% dengan kategori sangat praktis. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Articulate Storyline en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINEPADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS V DI SD SWASTA BAKTI I en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account