Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis
Articulate Stroyline Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas V SD Swasta Bakti I
untuk mengetahui kelayakkan media pembelajaran menggunakan Articulate
Stroyline, untuk siswa kelas V pada materi Sistem Pencernaan. Model yang
digunakan adalah model Pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap
yaitu Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan
(Development). Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Swasta Bakti I
dengan menggunakan skala kecil sebanyak 15 orang siswa. Instrumen yang
digunakan adalah angket media pembelajaran yang terdiri dari angket ahli media,
ahli materi, ahli bahasa. Angket Respon Guru dan Respon Siswa. Media
pembelajaran IPAS menggunakan Articulate Storyline Sistem Pencernaan yang
dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak untuk Siswa SD Kelas V, kelayakan
terlihat dari hasi penelitian validator, dimana hasil penelitian media oleh ahli media
diperoleh 92.5% dengan kategori “Sangat Valid”. Ahli Materi diperoleh 89.3%
dengan kategori sangat valid, ahli bahasa diperoleh 96% dengan kategori Sangat
Valid. Sedangkan Respon Guru diperoleh 92% dengan kategori sangat praktis dan
respon siswa diperoleh 88.2% dengan kategori sangat praktis.