Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Internet of
Things (IoT) terhadap pemahaman konsep matematika yang berkaitan dengan
penjumlahan pada siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak model pembelajaran
Internet of Things (IoT) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi
penjumlahan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan Kepong,
Malaysia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji
persyaratan (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) serta uji hipotesis (Uji t sampel
independen). Hasil uji t sampel independen menunjukkan nilai sig. 2-tailed sebesar
0,033, yang lebih kecil dari 0,05 (sig. 2-tailed ≤ 0,05), yang berarti Ha diterima dan Ho
ditolak. Oleh karena itu, terdapat pengaruh model pembelajaran Internet of Things
(IoT) terhadap pemahaman konsep matematika.