Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SDN 101897 KIRI HULU

Show simple item record

dc.contributor.author YANTI, WIDYA FEBRI
dc.date.accessioned 2025-05-08T02:02:23Z
dc.date.available 2025-05-08T02:02:23Z
dc.date.issued 2025-04-14
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27063
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap keterampilan membaca pemahaman cerita pendek pada siswa kelas IV SDN 101897 Kiri Hulu. Model pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, di mana kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model Probing Prompting, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya model pembelajaran Probing Prompting, keterampilan membaca pemahaman siswa tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 55 dan kelas eksperimen 45. Setelah diberikan perlakuan, hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan, di mana nilai rata-rata kelas kontrol menjadi 62, sedangkan kelas eksperimen meningkat menjadi 71. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,016, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, yang berarti bahwa model pembelajaran Probing Prompting memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian, model Probing Prompting direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar, karena mampu mendorong partisipasi aktif siswa serta membantu mereka memahami isi bacaan dengan lebih baik. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Probing Prompting en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Pemahaman en_US
dc.subject Sekolah Dasar. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SDN 101897 KIRI HULU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account