Research Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Tikrar Terhadap Kualitas Hafalan Quran Siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjanah, Hayin
dc.date.accessioned 2025-05-07T05:38:45Z
dc.date.available 2025-05-07T05:38:45Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27047
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tikrar terhadap kualitas hafalan quran siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan. Metode tikrar juga dikenal sebagai metode pengulangan, yaitu cara menghafal yang dilakukan secara mengulang-ulang dengan membaca ayat demi ayat, sehingga dapat terekam dibawah alam sadar apabila kita membaca ayat yang akan dihafal berulang kali. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis instrument dalam penenlitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dan uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas hafalan quran siswa sebelum penggunaan metode tikrar diperoleh nilai rata-rata 3,93. Dan diperoleh kualitas hafalan quran siswa setelah penggunaan metode tikrar dengan nilai rata rata 4,72. Dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode tikrar terhadap kualitas hafalan quran siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject pengaruh en_US
dc.subject metode en_US
dc.subject tikrar en_US
dc.subject kualitas en_US
dc.subject hafalan en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Tikrar Terhadap Kualitas Hafalan Quran Siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account