Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tikrar terhadap
kualitas hafalan quran siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan. Metode tikrar juga
dikenal sebagai metode pengulangan, yaitu cara menghafal yang dilakukan secara
mengulang-ulang dengan membaca ayat demi ayat, sehingga dapat terekam
dibawah alam sadar apabila kita membaca ayat yang akan dihafal berulang kali.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis instrument dalam penenlitian ini
menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dan uji analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas hafalan quran siswa
sebelum penggunaan metode tikrar diperoleh nilai rata-rata 3,93. Dan diperoleh
kualitas hafalan quran siswa setelah penggunaan metode tikrar dengan nilai rata
rata 4,72. Dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 > 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode tikrar terhadap kualitas
hafalan quran siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan.