Research Repository

REPRESENTASI POLA KOMUNIKASI DIGITAL PADA SISWA SMA MELALUI PESAN TERTULIS: STUDI KASUS FILM “DRY TEXT”

Show simple item record

dc.contributor.author AMELIA, TATA
dc.date.accessioned 2025-05-07T02:17:16Z
dc.date.available 2025-05-07T02:17:16Z
dc.date.issued 2025-03-14
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27035
dc.description.abstract Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola komunikasi, salah satunya melalui pesan tertulis yang sering kali minim ekspresi atau dikenal sebagai dry text. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pola komunikasi digital dalam film Dry Text. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk mengungkap makna denotasi dan konotasi dari adegan-adegan dalam film dengan teknik analisis data berdasarkan tanda-tanda yang muncul melalui analisis visual, tekstual, dan naratifnya. Hasil penelitian membahas bentuk-bentuk penggambaran fenomena dry text dalam film, berupa kata-kata dan adegan yang menunjukkan komunikasi digital dengan pesan yang cenderung datar, minim ekspresi, serta kurang empati. Temuan ini diselaraskan dengan hasil wawancara dengan lima orang siswa SMA yang mengkonfirmasi bahwa komunikasi dengan pesan dry text dapat menyebabkan kesalahpahaman, rasa kurang dihargai, atau bahkan perasaan diabaikan. Dan hasil analisis juga menunjukkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi khususnya dalam interaksi digital mempengaruhi bentuk pesan, pola interaksi, dan intensitas komunikasi, di mana pesan menjadi lebih singkat dan fleksibel, tetapi berpotensi menciptakan jarak emosional. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Representasi en_US
dc.subject Komunikasi Digital en_US
dc.subject Film en_US
dc.title REPRESENTASI POLA KOMUNIKASI DIGITAL PADA SISWA SMA MELALUI PESAN TERTULIS: STUDI KASUS FILM “DRY TEXT” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account