Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/26999
Title: “Pengaruh Penggunaan Media Booklet Metamorfosis terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa SD Kelas 4 Di Sanggar Belajar Pandan Malaysia
Authors: Qolbi, Jihan Fairuz
Keywords: hasil belajar;media booklet;metamorfosis
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan dari media booklet mempengaruhi hasil dari belajar pada siswa kelas empat sekolah dasar di Sanggar Belajar Pandan Malaysia pada materi metamorfosis. Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi metamorfosis, yang diduga disebabkan oleh kurangnya daya tarik dan keragaman media pembelajaran. Eksperimen kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan, dengan 16 siswa sebagai populasi dan sampel. Pre-test dan post-test yang terdiri dari pertanyaan pilihan ganda berfungsi sebagai instrumen. Nilai rata- rata pre-test siswa adalah 50,9, menurut temuan analisis, sementara nilai post-test mereka meningkat menjadi 75,18. Nilai p-value memiliki nilai 0,000 didapat dari hasil pengujian uji hipotesis menggunakan uji sampel berpasangan, yang memvalidasi bahwa media booklet memiliki dampak cukup besar pada hasil dari belajar siswa. Penelitian ini memberikan saran untuk penggunaan bahan pembelajaran mutakhir dalam proses pengajaran sains di tingkat sekolah dasar selain menyimpulkan bahwa media booklet efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang materi metamorfosis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam penyediaan dan pengembangan materi pembelajaran yang lebih relevan, menarik, serta sesuati dengan kebutuhan siswa.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26999
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL_JIHAN FAIRUZ QOLBI_2102090151.pdfFull text6.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.