Abstract:
ermasalahan penelitian ini ialah rendahnya kemampuan membaca pada Sekolah
Dasar (SD), padahal membaca menjadi salah satu peran penting pada hidup.
Membaca ialah proses memahami dan menginterpretasikan simbol-simbol atau
teks yang menulis, untuk memperoleh informasi, pengetahuan, atau hiburan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Teaching
at The Right Level (TaRL) terhadap kemampuan membaca siswa Sanggar
Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. pendekatan kuantitatif dan menggunakan
metode eksperimen, kemudian pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi
dengan menggunakan lembar observasi. Sampel pada penelitian ini adalah 8 siswa
kelas II Sanggar Bimbingan Kampung Bharu. sedangkan teknik analisis datanya
yaitu menggunakan uji expert judmgment dan uji hipotesis. Data yang Diperoleh
menggunakan uji hipotesis untuk memberikan pendekatan efektivitas yang
diterapkan. Diketahui akibat uji statistik menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed)
0,000, yang lebih kecil dari0,05. Hal ini telah diterima juga tidak diterima.dengan
demikian, dapat disimpulkan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL)
mempunyai efek yang signifikan terhadap kemampuan membaca peserta didik
pada Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia.