dc.description.abstract |
Salah satu tujuan dari pendidikan di sekolah adalah mendorong kemampuan
berpikir kritis siswa. Bagaimana pun, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang secara automatis seperti
sebuah produk dari pendidikan. Di dalam era digital sekarang ini, dimana
penggunaan teknologi dalam pendidikan, seperti Lingkungan Pembelajaran
Virtual (LPV) ini digunakan ketika mendesain latar pedagogi dengan tepat seperti
sebuah penekanan terhadap aktifitas diskursus, LPV telah berpotensi yang besar
untuk membuat siswa secara lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Meskipun
beberapa LPV untuk pembelajaran matematikatelah berkembang, penekanan
terhadap diskursus seperti sebuah dasar intervensi untuk mengembangkan
kemampuan berpikir kritis siswa tidak menerima perhatian yang khusus. Oleh
sebab itu, penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk menghasilkan sebuah LPV
berbasis diskursus matematis kepada siswa Sekolah Menengah Pertama dalam
pembelajaran Matematika materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP
Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan
ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar
observasi, lembar angket respon siswa dan tes berpikir kritis. Tingkat LPV
berdasarkan penilaian dua dosen mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 79,6%
yang termasuk kategori valid untuk validitas dan 91,6% yang termasuk kategori
sangat baik untuk reabilitas. Tingkat kepraktisan LPV berdasarkan observasi dua
dosen dan satu guru mendapatkan hasil nilai rata-rata 4,25 yang termasuk kategori
baik untuk pertemuan pertama dan 4,49 yang termasuk kategori sangat baik untuk
pertemuan kedua. Tingkat efektivitas LPV berdasarkan respon siswa mendapatkan
hasil nilai rata-rata 83 yang termasuk kategori sangat baik pada kelompok kecil
dan 85,2 yang termasuk kategori sangat baik pada kelompok besar. Berdasarkan
uraian di atas menunjukkan LPV yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah
valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika SMP. |
en_US |