Research Repository

PENGEMBANGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS DISKURSUS MATEMATIS UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Show simple item record

dc.contributor.author RIZKA NASUTION, MIFTAHUL
dc.date.accessioned 2025-04-15T01:13:35Z
dc.date.available 2025-04-15T01:13:35Z
dc.date.issued 2023-04-14
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26839
dc.description.abstract Salah satu tujuan dari pendidikan di sekolah adalah mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Bagaimana pun, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang secara automatis seperti sebuah produk dari pendidikan. Di dalam era digital sekarang ini, dimana penggunaan teknologi dalam pendidikan, seperti Lingkungan Pembelajaran Virtual (LPV) ini digunakan ketika mendesain latar pedagogi dengan tepat seperti sebuah penekanan terhadap aktifitas diskursus, LPV telah berpotensi yang besar untuk membuat siswa secara lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Meskipun beberapa LPV untuk pembelajaran matematikatelah berkembang, penekanan terhadap diskursus seperti sebuah dasar intervensi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak menerima perhatian yang khusus. Oleh sebab itu, penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk menghasilkan sebuah LPV berbasis diskursus matematis kepada siswa Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran Matematika materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, lembar angket respon siswa dan tes berpikir kritis. Tingkat LPV berdasarkan penilaian dua dosen mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 79,6% yang termasuk kategori valid untuk validitas dan 91,6% yang termasuk kategori sangat baik untuk reabilitas. Tingkat kepraktisan LPV berdasarkan observasi dua dosen dan satu guru mendapatkan hasil nilai rata-rata 4,25 yang termasuk kategori baik untuk pertemuan pertama dan 4,49 yang termasuk kategori sangat baik untuk pertemuan kedua. Tingkat efektivitas LPV berdasarkan respon siswa mendapatkan hasil nilai rata-rata 83 yang termasuk kategori sangat baik pada kelompok kecil dan 85,2 yang termasuk kategori sangat baik pada kelompok besar. Berdasarkan uraian di atas menunjukkan LPV yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika SMP. en_US
dc.subject Lingkungan Pembelajaran Virtual (LPV) en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject ADDIE en_US
dc.title PENGEMBANGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS DISKURSUS MATEMATIS UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account