Abstract:
Penelitian dengan judul Komunikasi Dakwah Melalui Film Ketika Hati Ingin
Hijrah Di Channel Youtube ini dilakukan untuk menjawab apakah metode
berdakwah dengan media film dengan sarana youtube mampu meningkatkan
pengetahuan pengguna situs youtube dalam mengenal ajaran-ajaran islam. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitaif. Penelitian ini telah dilakukan selama kurang lebih 4 bulan terhitung dari
bulan Januari 2019 hingga bulan April 2019. Narasumber dalam penelitian ini
terdiri dari 2 orang kru perfilman dan 3 orang penonton yang semuanya ialah
Mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini,
dilakukan setelah data-data diperoleh melalui teknik wawancara mendalam dan
observasi. Kemudian data-data tersebut, di analisis secara saling berhubungan
untuk mendapatkan dugaan sementara, yang dipakai dasar untuk mengumpulkan
data berikutnya, lalu dikonfirmasikan dengan informan secara terus menerus
secara triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode berdakwah
dengan sarana film di situs youtube sangat berpengaruh dan mampu dalam
meningkatkan pengetahuan dan minat para penonton untuk semangat dalam
belajar agama islam dan berdakwah. Dari metode yang telah diterapkan di
penelitian film dapat memahami perubahan akhlak, sikap, dan keimanan
penontonnya. Penelitian ini diharapkan akan menambah wawasan seputar
komunikasi dakwah terhadap pembaca nantinya. Dan menjadikan dakwah sebagai
alat komunikasi untuk menyiarkan agama Allah Subhana Wa Ta‟ala agar lebih
kreatif dan tidak membosankan.