Abstract:
Iklan merupakan sarana informasi kepada masyarakat mengenai suatu
produk atau jasa. iklan bukan hanya sebagai alat untuk menjual sebuah produk,
tetapi juga menjual nilai-nilai ideal dalam gaya hidup masyarakat. Iklan asuransi
astra “Satu Indonesia” versi penggerak kesehatan menceritakan tentang
pengabdian seorang bidan dalam melakukan pekerjaannya.
Penelitian ini dilatar belakangi karena iklan tersbut memiliki pesan yang
terkandung di dalamnya “Satu Indonesia” dimana seorang bidan yang tidak
pernah membayangkan bahwa dirinya harus mengabdi di sebuah desa terpencil di
Riau,Indonesia. Harus menghadapi berbagai macam rintangan demi menunaikan
bakti untuk membantu para warga desa agar mendapatkan kualitas kesehatan yang
baik. Dalam iklan tersebut juga menggambarkan rasa kebersamaan dan saling
tolong menolong antar sesama yang mencerminkan sikap “Satu Indonesia” dan
juga memperlihatkan pemandangan yg melambangkan keindahan Alam
Indonesia.
Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan
terhadap iklan “Satu Indonesia” dengn menggunakan teori semiotika Roland
Barthes yang menghubungkan antara denotasi,konotasi dan mitos untuk melihat
tanda yang terdapat dalam iklan “Satu Indonesia”.
Berdasarkan hasil analisis isi pesan. Peneliti menyimpulkan bahwa pesan
yang terkandung dalam iklan “Satu Indonesia” adalah tentang sebuah pengabdian
dalam menunaikan bakti demi menjamin kualitas kesehatan masyarakat.
Mengajarkan kita untuk harus bekerja sepenuh hati dan saling tolong menolong
antar sesama.