Research Repository

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA OPTIMIS AKADEMIK TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH MELALUI PEMBERDAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KECAMATAN MEDAN MARELAN

Show simple item record

dc.contributor.author CHAIRUNNISA, MAGHFIRAH
dc.date.accessioned 2024-12-30T03:07:23Z
dc.date.available 2024-12-30T03:07:23Z
dc.date.issued 2024-09-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26678
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kepemimpinan positif dan signifikan gaya kepemimpinan dan budaya optimis akademik terhadap efektivitas melalui pemberdayaan sebagai variabel Intervening di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Medan Marelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 orang, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket yang diukur dengan skala likert dan menggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pemberdayaan guru dengan nilai t hitung 3.265 < 0.1662 t tabel (H1 diterima), budaya optimis akademik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pemberdayaan guru dengan nilai t hitung 6.370 < 0.1662 t tabel (H2 diterima), gaya kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah dengan nilai t hitung 2.471 < 0.1662\- t tabel (H3 diterima), budaya optimis akademik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah dengan nilai t hitung 8.124 < 0.1662 t tabel (H4 diterima), pemberdayaan guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sekolah dengan nilai t hitung 3.432 < 0.1662 t tabel (H5 diterima), gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap efktivitas sekolah melalui pemberdayaan guru sebagai variabel intervening dengan nilai t hitung 2.368 < 0.1662 t tabel (H6 diterima), berpengaruh secara signifikan terhadap efktivitas sekolah melalui pemberdayaan guru sebagai variabel intervening dengan nilai t hitung 3.034 < 0.1662 t tabel (H7 diterima). en_US
dc.subject Gaya Kepemimpinan en_US
dc.subject Budaya Optimis Akademik en_US
dc.subject Efektivitas Sekolah dan Pemberdayaan en_US
dc.title PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA OPTIMIS AKADEMIK TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH MELALUI PEMBERDAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KECAMATAN MEDAN MARELAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account