Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kepemimpinan
positif dan signifikan gaya kepemimpinan dan budaya optimis akademik terhadap
efektivitas melalui pemberdayaan sebagai variabel Intervening di Sekolah Dasar
Islam Terpadu di Kecamatan Medan Marelan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini
berjumlah 124 orang, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
teknik Slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Alat pengumpul data yang
digunakan yaitu angket yang diukur dengan skala likert dan menggunakan teknik
analisis jalur. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa bahwa gaya
kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
pemberdayaan guru dengan nilai t hitung 3.265 < 0.1662 t tabel (H1 diterima),
budaya optimis akademik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
pemberdayaan guru dengan nilai t hitung 6.370 < 0.1662 t tabel (H2 diterima), gaya
kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
efektivitas sekolah dengan nilai t hitung 2.471 < 0.1662\- t tabel (H3 diterima),
budaya optimis akademik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
efektivitas sekolah dengan nilai t hitung 8.124 < 0.1662 t tabel (H4 diterima),
pemberdayaan guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
efektivitas sekolah dengan nilai t hitung 3.432 < 0.1662 t tabel (H5 diterima), gaya
kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap efktivitas
sekolah melalui pemberdayaan guru sebagai variabel intervening dengan nilai t
hitung 2.368 < 0.1662 t tabel (H6 diterima), berpengaruh secara signifikan terhadap
efktivitas sekolah melalui pemberdayaan guru sebagai variabel intervening dengan
nilai t hitung 3.034 < 0.1662 t tabel (H7 diterima).