dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Mutu Pendidikan dan Kualitas Sekolah
Melalui Manajemen Peserta Didik, Kendala yang Terjadi dalam Peningkatan Mutu
Pendidikan dan Kualitas Sekolah Melalui Manajemen Peserta Didik di SMA Negeri 1
Tinada, Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan dengan rumus persentase. Hasil
penelitian dan kesimpulan adalah 1. Mutu Pendidikan dan Kualitas Sekolah Melalui
Manajemen Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tinada sudah baik dimana dapat dilihat
dari perencanaan program yang dibuat kepala sekolah dijalankan dengan baik seperti
penerimaan siswa baru yang terkoordinasi dengan baik kemudian pembagian tugas
mengajar, kalender akademik dan penyusunan tugas dan evaluasi belajar yang
terjadwal. 2. Peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sekolah Melalui Manajemen
Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tinada adalah Upaya yang dilakukan melalui
peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan atau workshop, kemudian kelengkapan
sarana dan prasarana serta kepemimpinan kepala sekolah untuk mewujudkan seluruh
anggotanya bekerja dalam 1 visi dan misi. 3. Kendala yang terjadi dalam peningkatan
mutu pendidikan dan kualitas sekolah di melalui manajemen peserta didik di SMA
Negeri 1 Tinada adalah kurangnya kerja sama antar guru dalam menjalankan visi dan
misi sekolah, kemudian terdapat peserta didik yang acuh pada aturan sekolah serta
perlunya peningkatan kompetensi guru dalam berbagai aspek. |
en_US |