Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, mengetahui kualitas produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian, mengetahui harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, untuk mengetahui sertifiasi halal berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, dan untuk mengetahui promosi, harga dan kualitas produk dengan
sertifikasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui produk
HNI/HPAI di kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna
produk HNI/HPAI di kota Medan, dimana jumlah sampel penelitian sebanyak 100
pengguna. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
aplikasi SEM-PLS yang dilakukan dengan uji analisis regresi linier berganda dan
uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil dari promosi berpengaruh
negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk HNI/HPAI di
Kota Medan, hasil dari kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada produk HNI/HPAI di Kota Medan, hasil dari harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk
HNI/HPAI di Kota Medan, dan hasil dari sertifikasi halal berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk HNI/HPAI di Kota Medan.