Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh online
customer review terhadap online trust, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh risk perception terhadap online trust, dan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh online customer review dan risk perception terhadap
online trust customer pada Platform Shopee. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh masyarakat Kota Medan di empat kecamatan yaitu Medan Johor, Medan
Kota, Medan Maimun dan Medan Polonia yang menggunakan aplikasi Shopee
dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 91 orang dengan
menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien
Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software SPSS (versi 24.00). Secara parsial online customer review memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap online trust. Secara parsial risk
perception memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap online trust. Secara
simultan online customer review dan risk perception memiliki pengaruh signifikan
terhadap online trust customer pada Platform Shopee.