Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi
Oleh Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Padang Lawas Utara Tahun Ajaran
2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII Mts Negeri 2 Padang Lawas Utara yang berjumlah 228 siswa . Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas dari kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah sebanyak 34 siswa dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol
berjumlah 34 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan desain penelitian one-grup posttest-only control design.instrumen yang
digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis.
Setelah data analisis diketahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa dengan
menggunakan model pembelajaran complete sentence dengan nilai rata rata 76,47
termasuk katagori baik. Sedangkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa
tanpa menggunakan model pembelajaran complete sentence dengan nilai rata-rata
57,21 termasuk katagori kurang. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih
besar dari ttabel (6,418>1.99) dengan ini peneliitian yang dilakukan diterima dan
berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkkan adanya pengaruh yang signifikan
dalam penggunaan Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Padang
Lawas Utara Tahun Ajaran 2019/2020.