Research Repository

Analisi Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Edisi ‘TBC’ Pada Channel Youtube Ayo Sehat Kementerian Kesehatan RI

Show simple item record

dc.contributor.author Sanjay, Berry
dc.date.accessioned 2024-12-02T09:27:48Z
dc.date.available 2024-12-02T09:27:48Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26585
dc.description.abstract Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Periklanan terus berkembang hingga media elektronik salah satunya Youtube. Iklan ini bercerita tentang salah seorang anggota keluarga yang terkena penyakit TBC. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui makna pesan dan dukungan keluarga terhadap penderita TBC dalam iklan layanan masyarakat edisi “TBC” melalui pendekatan Semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data bagaimana dukungan keluarga terhadap penderita TBC. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, di mana menekankan pada denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil yang diperoleh peneliti berkaitan dengan makna pesan dalam iklan layanan masyarakat edisi “TBC”, peneliti menemukan adanya makna pesan dalam hal ini dukungan yang diberikan keluarga terhadap penderita TBC dalam membantu kesembuhan dengan mengingatkan penderita untuk hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan, menjadi teman berbicara agar tidak merasa kesepian dan sendirian, berobat secara teratur dan yang paling penting tetap mengkonsumsi obat secara teratur hingga jangka waktu yang sudah di tentukan oleh dokter. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Makna Pesan en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Keluarga en_US
dc.subject TBC en_US
dc.subject Iklan Layanan Masyarakat en_US
dc.title Analisi Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Edisi ‘TBC’ Pada Channel Youtube Ayo Sehat Kementerian Kesehatan RI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account