Abstract:
Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk
khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Periklanan
terus berkembang hingga media elektronik salah satunya Youtube. Iklan ini
bercerita tentang salah seorang anggota keluarga yang terkena penyakit TBC.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui makna pesan dan
dukungan keluarga terhadap penderita TBC dalam iklan layanan masyarakat edisi
“TBC” melalui pendekatan Semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini untuk
mendapatkan data bagaimana dukungan keluarga terhadap penderita TBC. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
semiotika Roland Barthes, di mana menekankan pada denotasi, konotasi, dan mitos.
Hasil yang diperoleh peneliti berkaitan dengan makna pesan dalam iklan layanan
masyarakat edisi “TBC”, peneliti menemukan adanya makna pesan dalam hal ini
dukungan yang diberikan keluarga terhadap penderita TBC dalam membantu
kesembuhan dengan mengingatkan penderita untuk hidup sehat, dengan
mengkonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan, menjadi teman berbicara agar
tidak merasa kesepian dan sendirian, berobat secara teratur dan yang paling penting
tetap mengkonsumsi obat secara teratur hingga jangka waktu yang sudah di
tentukan oleh dokter.