Abstract:
PT Angkasa Pura Aviasi, membangun program Sustainable Tourism di desa
wisata kampoeng lama untuk meningkatkan kualitas SDM yang akan memajukan
pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, pelestarian alam dan budaya dan
program ini dapat terus berkelanjutan sehingga terciptanya penguatan Desa Wisata.
Hal ini ke depannya dapat terus menambah daya tarik wisatawan lokal maupun
mancanegara ke Sumatera Utara, sehingga berpotensi positif juga dalam
peningkatan jumlah penumpang di Bandara Kualanamu. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis dan membuktikan keberhasilan program CSR PT
Angkasa Pura Aviasi serta menilai dampak yang ditimbulkan oleh Program CSR
terhadap Desa Kampoeng Lama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, yang didukung oleh referensi dari berbagai buku,
jurnal, maupun literasi pendukung lainnya, serta teori-teori yang dikemukakan oleh
Cangara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CSR oleh PT Angkasa
Pura Aviasi telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat desa
dalam berbagai aspek. Perusahaan ini aktif dalam melakukan berbagai inisiatif CSR
yang tidak hanya memenuhi kewajiban sosial mereka, tetapi juga berkontribusi
secara positif terhadap pengembangan dan kesejahteraan komunitas lokal. Secara
ekonomi, program ini telah meningkatkan pendapatan masyarakat melalui
pengembangan pariwisata. Dalam aspek sosial, program ini memperkuat ikatan
komunitas dan meningkatkan kualitas hidup penduduk. Sedangkan dari segi
lingkungan, program ini mendukung pelestarian dan pengelolaan lingkungan yang
berkelanjutan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam program-program
pelatihan dan pelestarian alam sehingga menciptakan perubahan yang berarti di
wilayah tersebut