Abstract:
Periklanan memegang peran yang cukup penting dan merupakan bagian dari
kehidupan industri modern.Hadirnya iklan televisi tentu saja menimbulkan geger
yang cukup signifikan terhadap lanskap media Indonesia.Dampak efektif dari
iklan tersebut adalah memperoleh perhatian dan pengalaman dari individu
penerima iklan, serta mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna,
kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau
merek.Selain memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumennya, Vivo V7
Plus juga menambahkan image bagi konsumen terhadap mereknya dengan
menggunakan berbagai media periklanan termasuk didalamnya media iklan
televisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh antara variabel Daya Tarik Iklan Smartphone Vivo V7 Plus Versi
Agnes Mo Terhadap Minat Pembeli Produk. Teori dalam penelitian ini adalah
teori Perbedaan Individu. Teori ini menelaah perbedaan diantara individuindividu
sebagai
sasaran
media
massa
ketika
mereka
diterpa,
sehingga
menimbulkan
efek
tertentu.
Metode
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
adalah
Kuantitatif
dengan
pendekatan
Eksplanatif.Populasi
dalam
penelitian
ini
adalah
yaitu
511
orang.
Penentuan
ukuran
sampel
pada
penelitian
ini
menggunakan
rumus
Taro
Yamane,
berdasarkan
pada
tingkat
kesalahan
10%,
sehingga
sampel
responden
pada
penelitian
ini
adalah
80
sampel
responden.
Teknik
sampling
yang
digunakan
adalah
Proportionate Random Sampling.Dari hasil uji analisis
Korelasi dapat dijelaskan bahwa hubungan antara variabel Daya Tarik Iklan
denganMinat Pembeli Produk adalah sebesar 0,617. Hal ini menunjukkan bahwa
hubungan antara kedua variabel bernilai kuat, karena berada pada interval
korelasi 0,60-0,799. Hasil nilai koefisien determinasi variabel Daya Tarik Iklan
dengan Minat Pembeli Produk adalah bernilai 0,318 atau senilai 31,8% besaran
nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas terhadap variabel terikat
sedangkan sisanya 68,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam
penelitian ini. Dengan hasil yang dijabarkan dalam penelitian ini bahwat-hitung
= 6,931 >t-tabel =1,990, angka tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan
Ha diterima.