Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 104260 MELATI PERBAUNGAN

Show simple item record

dc.contributor.author RAFIQOH, AULIA
dc.date.accessioned 2024-11-22T07:22:58Z
dc.date.available 2024-11-22T07:22:58Z
dc.date.issued 2024-10-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26509
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 104260 Melati Perbaungan, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas. Peneliti melihat adanya kejanggalan dari perilaku siswa selama proses pembelajaran, yakni rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa, kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Setelah mewawancarai guru, ternyata pembelajaran dikelas masih menggunakan model konvensional, hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Competition) terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan instrumen berupa lembar observasi siswa, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 50 siswa, sampel penelitian menggunakan seluruh jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Competition) terhadap Keterampilan Menulis Siswa kelas V SD Negeri 104260 Melati Perbaungan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap keterampilan menulis siswa diperoleh thitung (15,355) > ttabel (1,677), dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai 15,355 lebih besar dari 1,677 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap Keterampilan Menulis Siswa kelas V SD Negeri 104260 Melati Perbaungan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Competition), en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Siswa. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 104260 MELATI PERBAUNGAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account