Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis
deskripsi siswa kelas V SD Negeri 104260 Melati Perbaungan, hal ini ditunjukkan
dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas. Peneliti melihat adanya
kejanggalan dari perilaku siswa selama proses pembelajaran, yakni rendahnya
keterampilan menulis deskripsi siswa, kurangnya variasi dalam penggunaan
model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi
siswa. Setelah mewawancarai guru, ternyata pembelajaran dikelas masih
menggunakan model konvensional, hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian mengenai pengaruh Model Pembelajaran CIRC
(Cooperative Integrated Reading and Competition) terhadap Keterampilan
Menulis Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan instrumen
berupa lembar observasi siswa, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V yang berjumlah sebanyak 50 siswa, sampel penelitian menggunakan
seluruh jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Competition) terhadap Keterampilan Menulis Siswa kelas V SD
Negeri 104260 Melati Perbaungan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial
pengaruh antara Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)
terhadap keterampilan menulis siswa diperoleh thitung (15,355) > ttabel (1,677),
dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai 15,355 lebih besar dari 1,677
menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan antara Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And
Composition) terhadap Keterampilan Menulis Siswa kelas V SD Negeri 104260
Melati Perbaungan.