Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Ningrum, Sherly Rahayu
dc.date.accessioned 2024-11-20T05:02:11Z
dc.date.available 2024-11-20T05:02:11Z
dc.date.issued 2024-10-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26450
dc.description.abstract Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikan manusia akan semakin maju dalam peradabannya dan semakin beradab dalam kehidupan sosialnya. Pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat memberikan peranan dan pengalaman bagi siswa, namun hasil pembelajaran IPA dapat dipengaruhi oleh motivasi siswa. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 19 Medan masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Treffinger yang diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kreatifitas dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah siswa dengan hanya mengambil kelas yaitu kelas V.Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Model pembelajaran Traffinger terhadap hasil belajar siswa Pada Pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan telah mencapai tujuan dan dikatakan berhasil atau berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan nilai pre-test siswa yang hanya berkisar pada rata-rata senilai 66,88 meningkat pada perolehan post test menjadi 80,43 setelah diberikannya perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran treffinger. Hasil uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti juga menunjukkan adanya nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari dari Mode lpembelajaran treffinger terhadap hasil belajar siswa Pada Pelajaran IPA di SD Muhammadiyah 19 Medan Denai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Treffinger en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account