Abstract:
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena
dengan pendidikan manusia akan semakin maju dalam peradabannya dan semakin
beradab dalam kehidupan sosialnya. Pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat
memberikan peranan dan pengalaman bagi siswa, namun hasil pembelajaran IPA
dapat dipengaruhi oleh motivasi siswa. Berdasarkan observasi awal, ditemukan
bahwa proses pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 19 Medan masih berpusat
pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga hasil belajar siswa
masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menggunakan
model pembelajaran Treffinger yang diyakini dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
treffinger terhadap kreatifitas dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD
Muhammadiyah 19 Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis data kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah siswa dengan
hanya mengambil kelas yaitu kelas V.Instrumen penelitian ini menggunakan
lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Model pembelajaran
Traffinger terhadap hasil belajar siswa Pada Pelajaran IPA di kelas V SD
Muhammadiyah 19 Medan telah mencapai tujuan dan dikatakan berhasil atau
berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan nilai pre-test siswa
yang hanya berkisar pada rata-rata senilai 66,88 meningkat pada perolehan post test menjadi 80,43 setelah diberikannya perlakuan berupa pembelajaran dengan
menggunakan Model pembelajaran treffinger. Hasil uji hipotesis yang dilakukan
oleh peneliti juga menunjukkan adanya nilai signifikansi sebesar 0,000 yang
artinya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari dari Mode lpembelajaran treffinger terhadap hasil belajar siswa
Pada Pelajaran IPA di SD Muhammadiyah 19 Medan Denai.