Research Repository

PENGARUH MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SDS AL HIDAYAH MEDAN TEMBUNG

Show simple item record

dc.contributor.author FITRIANA, ILMA
dc.date.accessioned 2024-11-18T02:36:29Z
dc.date.available 2024-11-18T02:36:29Z
dc.date.issued 2024-08-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26363
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarblakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas V SDS Al-Hidayah Medan Tembung, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas. Peneliti melihat adanya kejanggalan dari perilaku siswa selama proses pembelajaran, yakni siswa kurang aktif dan bersemangat, sehingga yang menjadi pusat dalam pembelajaran hanyalah guru. Setelah mewawancarai guru, ternyata pembelajaran di kelas masih menggunakan model konvensional, hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh Media Spinning Wheel terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan intrumen berupa lembar observasi siswa, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 22 siswa, sampel penelitian menggunakan seluruh jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Penggunaan Media Spinning Wheel terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Kelas V SDS Al-Hidayah Medan Tembung. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan hasil observasi siswa sebelum perlakuan dari 25,6 menjadi 60,05 pada oservasi sesudah perlakuan. Dalam penelitian ini, peneliti juga melakukan Uji Hipotesis Paired Sample Test yang menunjukkan hasil skor signifikansi sebesar 0,000, skor tersebut lebih kecil dari (<0,05). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Media Spinning Wheel Berpengaruh Signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Kelas V SDS Al-Hidayah Medan Tembung. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media Spinning Wheel en_US
dc.subject Keaktifan Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SDS AL HIDAYAH MEDAN TEMBUNG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account