Abstract:
Penelitian ini dilatarblakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas
V SDS Al-Hidayah Medan Tembung, hal ini ditunjukkan dari hasil observasi awal
yang dilakukan peneliti di kelas. Peneliti melihat adanya kejanggalan dari perilaku
siswa selama proses pembelajaran, yakni siswa kurang aktif dan bersemangat,
sehingga yang menjadi pusat dalam pembelajaran hanyalah guru. Setelah
mewawancarai guru, ternyata pembelajaran di kelas masih menggunakan model
konvensional, hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian
mengenai pengaruh Media Spinning Wheel terhadap Keaktifan Belajar Siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan intrumen berupa lembar
observasi siswa, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang
berjumlah sebanyak 22 siswa, sampel penelitian menggunakan seluruh jumlah
populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
Penggunaan Media Spinning Wheel terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Kelas V
SDS Al-Hidayah Medan Tembung. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan
hasil observasi siswa sebelum perlakuan dari 25,6 menjadi 60,05 pada oservasi
sesudah perlakuan. Dalam penelitian ini, peneliti juga melakukan Uji Hipotesis
Paired Sample Test yang menunjukkan hasil skor signifikansi sebesar 0,000, skor
tersebut lebih kecil dari (<0,05). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa
Media Spinning Wheel Berpengaruh Signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa
di Kelas V SDS Al-Hidayah Medan Tembung.