dc.contributor.author | RISA, NUR HELMI | |
dc.date.accessioned | 2024-11-15T06:28:19Z | |
dc.date.available | 2024-11-15T06:28:19Z | |
dc.date.issued | 2024-08-13 | |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26294 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Learning Cycle berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi belajar kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan dan sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket dengan 15 pernyataan. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji-t (Independent Sample t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil hipotesis yang diperoleh ialah 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Yang artinya terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi belajar kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan | en_US |
dc.subject | Learning Cycle | en_US |
dc.subject | Mind Mapping | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |