Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Learning Cycle berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi belajar kelas
V SD Muhammadiyah 07 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan eksperimen. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Muhammadiyah 07 Medan
dan sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas
VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan
ialah angket dengan 15 pernyataan. Teknik analisis penelitian ini
menggunakan uji-t (Independent Sample t-test) untuk menguji hipotesis.
Hasil hipotesis yang diperoleh ialah 0,001 < 0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Yang artinya terdapat
adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran
Learning Cycle berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi belajar kelas
V SD Muhammadiyah 07 Medan