Research Repository

PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA DISMKN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author SALSABILA, HUSNA AYUDIA
dc.date.accessioned 2024-11-13T03:49:41Z
dc.date.available 2024-11-13T03:49:41Z
dc.date.issued 2024-10-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26125
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah stres akademik siswa yang berdampak terhadap perilaku siswa dalam belajar. Stres akademik ini merupakan suatu kondisi yang membuat siswa merasa tertekan terhadap tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Siswa yang tidak mampu memenuhi segenap tuntutan akademik cenderung akan mengalami stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi stres akademik yang dialami oleh siswa kelas XII SMK Percut Sei Tuan dengang menggunakan layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan gestal. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 3 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan permasalahan stres akademik yang dialami oleh siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan konseling individual dapat mengurangi stres akademik siswa yang awalnya cukup tinggi dan berdampak terhadap sikap dan perilaku belajar serta hasil belajarnya yang cenderung rendah sekarang sudah mulai mampu meregulasi diri dan memanajemen waktu dengan baik dalam belajar sehingga mampu mengerjakan segenap tuntutan akademik yang diberikan oleh masingmasing guru. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Layanan Konseling Individual en_US
dc.subject Pendekatan Gestalt en_US
dc.subject Stres Akademik en_US
dc.title PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA DISMKN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account