Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah stres akademik siswa yang
berdampak terhadap perilaku siswa dalam belajar. Stres akademik ini
merupakan suatu kondisi yang membuat siswa merasa tertekan terhadap
tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Siswa yang tidak mampu
memenuhi segenap tuntutan akademik cenderung akan mengalami stres.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi stres akademik yang dialami
oleh siswa kelas XII SMK Percut Sei Tuan dengang menggunakan layanan
konseling individual dengan menggunakan pendekatan gestal. Penelitian ini
merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 3 orang siswa.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
observasi dan wawancara yang sesuai dengan permasalahan stres akademik
yang dialami oleh siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan
mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan
konseling individual dapat mengurangi stres akademik siswa yang awalnya
cukup tinggi dan berdampak terhadap sikap dan perilaku belajar serta hasil
belajarnya yang cenderung rendah sekarang sudah mulai mampu meregulasi
diri dan memanajemen waktu dengan baik dalam belajar sehingga mampu
mengerjakan segenap tuntutan akademik yang diberikan oleh masingmasing
guru.