Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa akuntansi kelas X di SMK Negeri 13 Medan dan untuk mengetahui
hasil belajar siswa setelah guru menerapkan model pembelajaran Quantum
Teaching pada materi pokok jurnal umum perusahaan dagang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 13 Medan
tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes dan observasi.
Dari hasil penelitian dapat di lihat peningkatan hasil belajar siswa pada
materi pokok bahasan jurnal umu perusahaan dagang. Hal ini dapat di buktikan dari
siklus I yaitu 41,7 dengan jumlah 15 siswa yang tuntas hasil belajar nya. Pada
siklus II meningkatkan menjadi 100% dengan jumlah siswa 36 , sedangkan siswa
yang tidak tuntas pada siklus I 58,% dengan jumlah siswa 21, dan pada siklus II
tidak ada yang tidak tuntas.
Dari data ini, kita dapat melihat bahwa nilai siswatelah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai