Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA PAB 4 Sampali. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan untuk mengetahui
pengaruh model pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA 4 PAB Sampali Tahun Ajaran
2017/2018
Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 4 SAMPALI yang beralamat di
jalan Pasar Hitam No. 119, Kec. Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas XI IPS SMA PAB 4 Sampali yang berjumlah 46 orang, dan
pengampilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan One Group PretesPostes
Only Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test soal
esai sebanyak 10 soal Pre-test dan Post-test yang diambil dari buku sehingga
validitas dan reabilitasnya telah teruji.teknik analisis data yang digunakan yaitu
dengan menghitung nilai rata-rata, standard deviasi dan varians, uji normalitas
menggunakan uji liliefors, uji hogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan
menggunakan uji t dengan criteria jika sehingga Ho diterima.
Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh nilai rata-rata pretes 60,1
dan standar deviasi 9,66 dan nilai rata-rata posttest 69,78 dan standar deviasi 10,9.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Pada
posttest hasil belajar diperoleh sedangkan dengan
sehingga Ho tidak dapat ditolak.